Cari Blog Ini

tulisan

wilujeng sumping di blog kuring

TRANSLATE

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

Selasa, 24 Mei 2011

halaman 3

A.    Ringkasan Materi 2

MENULIS
1.      Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format buku
Resensi adalah tulisan yang mejajikan sejumlah informasi  tentang sebuah buku. Informasi tersebut disajikan kepada pembaca untuk member pertimbangan tentang keuntungan-keuntungan atau mungkin kerugian yang akn dialami oleh pembaca jika ia membaca buku tersebut, karena dalam resensi biasanya menginformasikan tentang keunggulan dan kelemahan buku yang diresensi. Resensi buku merupakan pertimbangan atau ulasan atas sebuah buku. Dalam resensi terdapat sebuah penilaian terhadap kualitas buku ditinjau dari berbagai segi. Meskipun penilaian bersifat pribadi tetapi harus didasarkan pada argumentasi dan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan logika.
Resensi buku sering diartikan sebagai bentuk tulisan yang mengandung penilaian tentang kelebihan atau pun kekurangan sebuah buku. Resensi merupakan bentuk kritik sederhana, baik terhadap suatu karya tulis, pertun jukan, kaset, maupun film.
Istilah yang popular dalam meresensi  yaitu teknik “cutting and glueing “ atau teknik “menggunting dan merekatkan “. Inimerupakan cara resensi buku yang dapat dilakukan oleh seorang pemula. Manfaat meresensi buku seperti ini adalah dapat memberikan peluang sangat besar kepada seseorang untuk berlatih menulis dengan bantuan “bahasa “ orang lain. Inilah juga yang dapat membuat seseorang melakukan kegiatan membaca buku secara efetif ( ada efek terhadap pengembangan diri ).
Resensi buku dijabarkan kedalam dua kelompok berikut.
a.       Resensi buku pengetahuan atau non fiksi
b.      Resensi buku fiksi.
Kedua resensi ini hampir sama pembahasannya. Perbedaan pada buku yang dinilai. Resebsi buku fiksi menilai buku-buku katya sastra, didalamnya dikupas masalah intrinsiknya. Adapun sebuah resensi dalam penulisannya terdiri dari tuga unsure, yaitu :
a.       Pembukaan
Pembukaan berisi informasi mengenai identitas buku yang meliputi judul buku, penulis, penerbit, tahun terbit, jumlah halaman, gambar sampul depan buku, harga buku, dan sebagainya.
b.      Isi
Bagian ini menyajikan susunan penyajian isi buku, synopsis cerita, gaya bahasa yang digunakan pengarang, perbandingan dengan buku yang lain, baik dengan penulisan yang sama atau berbeda, dankeunggulan serta kelemahan yang terkandung oleh buku yang diresensi.
c.       Penutup
Penutup berisi kesimpulan tentang keunggulan-keunggulan yang dapat dipeti dan kerugian yang harus dialami pembaca.
Prinsip-prinsip pembuatan resensi meliputi hal-hal berikut ini.
a.       Memberitahukan kepada masyarakat akan terbitnya buku baru dengan menginformasikan data-data, judul buku, pengarang, penerbit, jumlah halaman, dan sebagainya.
b.      Menginformasikan jenis buku, tema, pembaca yang dituju, reputasi pengarang, latar belakang penerbitan, dan sebagainya.
c.       Menyampaikan tujuan penulisan dan ringkasan buku
d.      Mendengarkan keunggulan dan kelemahan buku, bermanfaat bagi masyarakat atau tidak.
Tujuan penulisan resensi adalah sebagai berikut:
a.       Member informasi atau pemahaman yang menyeluruh tentang apa yang tampak dan terungkap dalam sebuah buku.
b.      Member pertimbangan apakah sebuah buku pintar mendapatkan sambutan dari masyarakat.
c.       Membantu pembaca dalam memlih buku yang dikehendaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar